Cara Instal VMware Workstation Player di Windows 10

Cara instal VMware Workstation Player di Windows 10 sangat mudah. Caranya sama saja dengan aplikasi Windows lainnya. Namun yang istimewa adalah fungsi dari VMware Workstation Player itu sendiri.

Bagi yang belum tahu, VMware Workstation Player merupakan sebuah software yang memungkinkan pengguna Windows untuk menginstal sistem operasi menggunakan virtual machine. Itu artinya anda bisa menginstal Windows di dalam Windows.

VMware Workstation Player tidak hanya bisa digunakan untuk menginstal sistem operasi Windows saja, namun juga sistem operasi lainnya seperti Linux Ubuntu, CentOS, Debian, Red Hat, dan masih banyak lagi lainnya.

Menariknya lagi, VMware Workstation Player bisa didownload secara gratis melalui situs resmi vmware.com.  Aplikasi ini juga tersedia untuk komputer ataupun laptop berbasis Linux sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Fungsi dan Cara Kerja

Sebenarnya masih banyak fungsi VMware Workstation Player yang lain. Namun pada intinya software ini bekerja dengan cara membuat layar hardware virtual atau virtual machine yang kemudian digunakan untuk instalasi sistem operasi lainnya secara virtual.

Sistem operasi yang diinstal pada virtual machine akan berjalan sendiri atau terisolasi dari sistem operasi utama. Performa sistem operasi yang berjalan pada virtual machine sangat tergantung dari spesifikasi komputer yang digunakan.

Nantinya anda harus mengatur sendiri kapasitas hardisk yang digunakan untuk menginstal sistem operasi di virtual machine atau Guest Operating System. Semua aplikasi yang diinstal akan disimpan di memori hardisk yang sudah diatur secara terpisah.

Download VMware Workstation Player

Cara Download VMware Workstation Player

VMware Workstation Player tersedia secara gratis, namun hanya khusus untuk penggunaan non-komersial atau hanya untuk pribadi. Anda bisa menggunakan software ini untuk menjalankan satu mesin virtual pada PC Windows atau Linux.

Selain VMware sebenarnya ada banyak software virtual machine lainnya. Namun apabila mencari yang terbaik, maka VMware merupakan pilihan paling tepat. Nah bagi yang tertarik menginstal aplikasi ini, silahkan download secara gratis di https://www.vmware.com.

Anda bisa memilih versi Windows atau Linux sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Semuanya tersedia secara gratis dan bisa diinstal di laptop ataupun komputer yang kalian miliki. Nah untuk mengetahui cara menginstalnya, silahkan simak tutorial berikut ini.

Cara Instal VMware Workstation Player

Cara Instal VMware

Agar bisa menginstal VMware Workstation Player pastikan memiliki memori penyimpananyang mencukupi. Sebenarnya memori yang dibutuhkan untuk menginstal VMware tidak terlalu banyak karena aplikasi ini hanya berukuran di bawah 300 mb. Hanya saja kalian perlu memori yang cukup banyak saat membuat virtual machine.

Bagi yang menggunakan sistem operasi Windows 10, silahkan download terlebih dahulu VMware Workstation Player dengan cara KLIK DI SINI. Kemudian tinggal instal secara normal sama seperti menginstal aplikasi Windows lainnya.

Anda akan mendapatkan file bertipe exe, kemudian klik file tersebut. Kemudian tinggal menginstal setiap langkah instalasi yang ditampilkan pada installer VMware Workstation Player. Setelah instalasi selesai, kemudian tinggal membuka aplikasi yang sudah terinstal.

Selanjutnya tinggal membuat Lalu klik Create a New Virtual Machine untuk mulai membuat virtual machine yang digunakan untuk menginstal sistem operasi. Sebelun itu anda juga harus memilih ruang penyimpanan serta pengaturan lainnya.

Silahkan anda mencoba sendiri cara instal VMware Workstation Player dengan mengikuti informasi di atas. Cukup sekian informasi singkat vmwareinc.com pada kesemapatan kali ini, semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang tertarik menggunakan VMware.

Tinggalkan komentar