Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10

Kalibrasi baterai laptop, menjadi sangat penting ketika laptop yang anda miliki sudah berumur. Dikarenakan baterai sendiri merupakan salah satu part dengan ketahanan yang menyesuaikan masa pakai. Mau bagaimanapun anda menjaga atau merawatnya, hardware tersebut memiliki masa pakai, yang memiliki batas maksimal charge dan waktu untuk menghidupkan laptop, yang seiring berjalannya waktu, ketahanannya akan mengalami penurunan.

Memang laptop jaman sekarang ini mempunyai toleransi charge berkat teknologi canggih didalamnya, yang membuat baterai tetap terjaga kualitasnya / tidak merusak komponen baterai sekalipun baterai sudah terisi penuh 100%, dan power charge tetap menempel pada mode pengisian. Tapi mengingat system ketahanan baterai, system dapat kapan saja mengalami eror waktu menunjukan seberapa banyaknya daya yang masih tersisa pada baterai.

Salah satu tanda bahwa anda harus melakukan kalibrasi, bisa di ambil ketika mengalami baterai fake, yakni dapat dilihat ketika laptop tiba-tiba mati tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu pada sistim windows, padahal sebelumnya baterai menunjukan pada angka 35%. Tentunya jika itu terjadi, akan menjadi satu kendala yang menjengkelkan, terlebih bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi, dan tidak dapat setiap saat dekat dengan media power.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10

Mengenai caranya sendiri tidaklah sulit, malah terbilang mudah, sederhana, dan dapat di aplikasikan bukan hanya sebatas Laptop Windows 10 saja, tetapi juga seri dibawahnya, diantaranya Windows Vista, 8 dan 7. Namun perlu di garis bawaih, minimal waktu yang kami sebutkan diatas tentang kapan kalibrasi, jangan dijadikan sebagai patokan, karena yang namanya barang elektronik tentunya memiliki kualitas berbeda meskipun dalam proses pembuatannya sama.

Maka dari itu, guna menghindarkan anda dari kejadian demikian, sebaiknya anda jalankan cara kalibrasi baterai laptop dengan benar, guna menjaga sistim pada windows tetap menunjukan persentase daya dengan tepat. Paling tidak, disarankan  2 atau 3 bulan sekali, lakukanlah kalibrasi, setidaknya ada 3 cara yang dapat dilakukan, dan untuk mengetahui jelasnya mengenai Cara Kalibrasi Baterai Laptop, anda bisa langsung menyimaknya pada ulasan vmwareinc.com berikut ini.

1. BIOS

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Menggunakan BIOS

Cara pertama ini dilakukan lewat BIOS, yang mana untuk program kalibrasi ini biasanya tersedia secara pra-instal. Hanya saja, tidak semuanya yang dapat mengaplikasikanya, karena yang bisa menjalankan cara kalibrasi baterai laptop windows 10 ini adalah Laptop tertentu, dan mengenai caranya, langsung cek dibawah ini.

  • Masuk ke BIOS dengan cara mematikan laptop terlebih dahulu, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol F2 / F10, pasalnya ada kemungkinan beda laptop, beda pula cara masuk BIOS,
  • Setelah masuk ke Menu BIOS, arahkan kursor ke menu “POWER”,
  • Lalu pilih menu “Start Battery Calibration” dan “ENTER”,
  • Kemudian bila sudah, ikuti petunjuk perintah yang terdapat pada layar,
  • Isi baterai laptop hingga kondisi penuh 100%, dan jika sudah, lepaskan pengisi daya,
  • Setelah itu, tinggal biarkan daya pada baterai laptop supaya terkuras habis dengan sendirinya dan mati otomatis,
  • Langkah selanjutnya, pasang kembali pengisi daya, tapi dengan catatan “Jangan lakukan BOOT SISTEM pada waktu pengisian”,
  • Ketika baterai menunjukan indikator 100%, itu berarti proses kalibrasi telah selesai, dan laptop siap BOOTING kembali.

2. Software

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Menggunakan Software

Bila pada laptop tidak terdapat program seperti di atas, anda dapat melakukan kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3 (Software), yang bisa kita dapatkan dengan mudah, beberapa diantaranya Aplikasi Kalibrasi Baterai laptop yang cocok dengan OS Windows 10, antara lain :

  • BatteryCare

Software ini kompatibel dengan OS Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10. Untuk mendapatkannya mudah, tinggal ketikan nama aplikasi pada mesin pencarian Google, dan paling penting aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Untuk efektifitasnya sendiri terbilang bagus, dan sudah banyak yang membuktikannya.

  • Smarter Battery

Berbeda aplikasi pihak ke-3 diatas, Smarter Battery ini merupakan aplikasi berbayar, dimana untuk bisa menjalankan fitur didalamnya anda harus merogoh kocek 14 Dollar. Tapi tidak perlu khawatir, ternyata bagi yang berniat menggunakannya, anda diberikan masa Trial selama 10 Hari.

3. Manual

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Secara Manual

Lalu mengenai cara kalibrasi baterai laptop windows 10 yang ketiga, bisa dilakukan secara manual, dan caranya sendiri sangat mudah, yang bisa anda ketahui langsung dibawah ini.

  • Isi daya baterai sampai penuh 100%, dan biarkan pengisi daya tetap tersambung selama 2 jam lamanya,
  • Lalu, jika sudah, cabut pengisi daya / adaptor,
  • Kemudian klik indicator baterai dan tekan menu More Power Options, atau bila tidak ditemukan, anda dapat langsung buka Control Panel, masuk ke menu Power Option,
  • Setelah masuk ke bagian menu ini, tekan menu “Create power plane”, tuliskan saja pada kolom “Plan Name” dengan Kalibrasi Baterai, dan tekan Next,
  • Selanjutnya, Setting Turn Off the Display, Dim the display, dan put the computer to sleep, dengan pilihan waktu paling tinggi / Never. Lalu klik Create,
  • Lantas langkan lanjutannya, anda tinggal biarkan laptop mati karena kehabisan daya, atau bisa dengan anda tetap menggunakannya secara normal hingga daya baterai benar – benar habis,
  • Jika daya pada baterai sudah habis, diamkan laptop kurang lebih 5 jam, yang berguna untuk mengistirahatkannya,
  • Setelah mencapai batas waktu tadi, isilah kembali daya baterai pada laptop hingga 100% lagi,
  • Selesai.

Benar mudah bukan ? ketiga cara yang kami sebutkan di atas, tinggal anda sesuaikan saja mau menggunakan cara yang nomor berapa. Tetapi pada intinya, semua cara kalibrasi baterai laptop windows 10 tadi bakal mengembalikan keakuratan penunjuk persentase pada indikator baterai. Sehingga diharapkan dengan kalibrasi yang dilakukan, anda dapat mengetahui dengan tepat berapa daya baterai yang tersisa, yang disesuaikan dengan kegiatan anda, tapa harus laptop mati secara tiba – tiba.

Dan kami ingatkan kembali, cara yang kami sebutkan bukan menambah masa pakai baterai, tetapi lebih menjaga ke ketahanan baterai agar berjalan pada semestinya. Sementara itu, bagi anda yang ingin tau informasi seputar Teknologi Gadget / Komputer / Tips  seperti Cara Agar Baterai Laptop Awet Saat Main Game, Cara Menyambungkan Laptop Ke TV, atau informasi lainnya, langsung saja kunjungi vmwareinc.com.

 

Tinggalkan komentar