14 Cara Membuka Whatsapp di Laptop Tanpa Scan Barcode

Cara membuka Whatsapp di laptop bisa dilakukan tanpa scan barcode terlebih dahulu. Namun cara ini hanya berlaku pada kondisi tertentu. Dimana sebelumnya pernah membuka Whatsapp Web di laptop sehingga tidak perlu scan barcode lagi.

Apabila benar-benar ingin membuka Whatsapp di laptop tanpa scan barcode maka harus menggunakan emulator Android. Namun cara ini akan membuat Whatsapp yang login di smartphone akan logout. Sebab satu akun Whatsapp hanya bisa dibuka di satu perangkat.

Agar bisa membuka akun Whatsapp di dua perangkat secara bersamaan maka harus menggunakan WhatsApp Web. Apabila menggunakan layanan tersebut maka harus terlebih dahulu scan barcode sebagai verifikasi bahwa telah menyetujui membuka akun WA di perangkat lain.

Dibanding menggunakan emulator kami lebih memilih menggunakan layanan WhatsApp Web untuk membuka Whatsapp di laptop. Meksipun harus scan barcode namun cara ini lebih efektif karena akun Whatsapp yang dihandphone tidak logout.

Layanan Whatsapp Web bisa diakses via aplikasi dan browser. Keduanya sama-sama mengharuskan anda untuk scan barcode (Kode QR) terlebih dahulu saat membuka WA di laptop. Namun kami memiliki trik khusus agar bisa membuka Whatsapp di laptop tanpa scan barcode

Bagi yang penasaran ingin mencoba cara membuka Whatsapp di laptop tanpa scan barcode silahkan mengikuti tutorial disampaikan vmwareinc.com berikut ini.

Tutorial Cara Membuka WhatsApp di Laptop Tanpa Scan Barcode

Cara Membuka WhatsApp di Laptop Tanpa Scan Barcode

1. Menggunakan Fitur keep me signed in

Cara yang pertama adalah menggunakan fitur Keep me signed in yang bisa diaktifkan saat pertama kali mengakses Whatsapp Web di laptop. Apabila mengaktifkan fitur ini maka anda hanya perlu satu kali scan barcode saat membuka Whatsapp di laptop.

Yah, scan barcode tetap dibutuhkan. Sebab syarat utama menggunakan Whatsapp Web adalah harus scan barcode sebagai proses verifikasi. Whatsapp sengaja melakukan hal ini untuk mencengah penyadapan dan menjaga keamanan para penggunanya.

Fitur keep me signed in akan memanfaatkan history browser sehingga anda tidak perlu lagi scan barcode saat membuka whatsapp. Namun apabila cache browser dihapus maka secara otomatis Whatsapp Web akan logout dan anda perlu login ulang dengan cara scan barcode.

Hal yang sama juga berlaku apabila menggunakan WhatsApp Web versi aplikasi. Yah, inilah kekurangan cara membuka Whatsapp di laptop menggunakan fitur keep me signed in. Meskipun begitu tidak ada salahnya kita mencoba cara yang satu ini. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Buka halaman https://web.whatsapp.com/.
  2. Kemudian cawang pengaturan Keep Me Signed In yang berada dibawah Kode QR
  3. Setelah itu tinggal membuka aplikasi WhatsApp di handphone
  4. Selanjutnya tap Menu icon tiga titik pada pojok kanan atas
  5. Setelah itu pilih WhatsApp Web
  6. Kemudian scan barcode yang muncul pada Whatsapp web
  7. Berikutnya kita sudah bisa membuka Whatsapp di laptop

Setelah sukses scan barcode maka selanjutnya browser akan menampilkan semua isi percakapan Whatsapp di smartphone. Anda bisa langsung chating ke dafar kontak Whatsapp ataupun mengirimkan gambar, melihat status, kirim video, dll langsung dari laptop.

Inilah cara termudah untuk membuka Whatsapp di laptop. Selain itu, anda juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Web yang tersedia untuk laptop dan komputer berbasis Windows ataupun MacOS. Cara menggunakannya sama saja, karena perlu scan barcode apabila pertama kali menggunakan aplikasi tersebut.

Bagi yang ingin mencoba aplikasi Whatsapp Web, silahkan mendownloadnya secara gratis di https://www.whatsapp.com. Nantinya anda tidak perlu scan barcode apabila sebelumnya sudah scan barcode. Sebab WhatsApp Web akan menggunakan history dan cache browser.

Cara membuka Whatsapp di laptop tanpa scan barcode ini mungkin kurang cocok bagi sebagian orang. Namun hal ini harus dilakukan agar akun Whatsapp yang ada di smartphone tidak logout sehingga bisa membuka akun Whatsapp yang sama di dua perangkat berbeda.

Nah agar bisa membuka Whatsapp di laptop tanpa scan barcode maka jangan pernah logout. Apabila logout maka anda harus kembali scan barcode saat kembali membuka WA di laptop. Namun lain cerita jika membuka Whatsapp di komputer ataupun laptop orang lain, maka pastikan elalu logout demi menjaga keamanan akun Whatsapp.

2. Menggunakan Emulator Android

Cara Buka WA di Laptop Tanpa Kode QR

Kemudian cara yang kedua adalah menggunakan emulator Android. Ada banyak emulator yang bisa digunakan, dan salah satu yang menurut kami terbaik adalah BlueStacks. Emulator tersebut layak disebut sebagai yang terbaik karena memiliki fitur yang lengkap dan stabil saat digunakan.

BlueStacks bisa didownload secara gratis dan tersedia untuk laptop berbasis Windows dan MacOS. Menurut kami Bluestacks menjadi emulator Android paling stabil. Emulator ini memang cukup berat saat digunakan pada laptop berspesifikasi rendah karena membutuhkan Ram minimum 2GB.

Apabila ingin lancar membuka Whatsapp di laptop menggunakan Bluestack kami sarankan untuk menggunakan laptop dengan kapasitas Ram 4GB ke atas dan didukung processor yang cepat. Nah bagi yang tertarik mencobanya, silahkan mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Silahkan download emulator BlueStacks melalui halaman https://www.bluestacks.com/
  2. Kemudian instal file yang sudah didownload dan ikuti instruksi penginstalan
  3. Setelah berhasi dinstal, maka tinggal membuka Play Store yang sudah tersedia di BlueStacks. Namun sebelum itu, anda harus terlebih dahulu login akun Google
  4. Selanjutnya tinggal mendownload aplikasi WhatsApp
  5. Kemudian login dengan memasukan nomor handphone yang terkoneksi ke akun WhatsApp
  6. Berikutnya anda disuruh memasukan kode verifikasi
  7. Silahkan masukan kode yang dikirimkan via SMS, kemudian anda bisa membuka Whatsapp di laptop tanpa scan barcode

Cara ini cukup mudah, namun akun Whatsapp yang login di handphone akan secara otomatis logout sehingga anda hanya bisa membuka Whatsapp di laptop saja. Kami sendiri lebih menyarankan menggunakan WhatsApp Web dibanding login WA lewat emulator karena akun WA tetap bisa dibuka bersamaan.

Lagi pula cara ini mengharuskan kita untuk memasukan kode verifikasi sehingga sama saja dengan scan barcode.

Kesimpulan

Untuk saat ini hanya ada dua cara membuka WA di laptop tanpa scan barcode. Kedua cara di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun pada intinya untuk membuka WA di laptop tetap membutuhkan proses verifikasi untuk menjaga keamanan akun.

Dari kedua cara di atas kami sarankan untuk memilih metode WhatsApp Web. Apabila memilih metode ini maka hanya perlu scan barcode satu kali saja. Setelah itu Whatsapp bisa dibuka secara langsung di laptop tanpa perlu scan barcode. Namun dengan catatan jangan pernah logout akun WA yang ada di laptop.

Silahkan kalian mencoba tutorial yang kami sampaikan, dan semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bagi yang ingin membuka WA di laptop tanpa scan barcode atau kode QR. Cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya tentang Cara Instal VMware Workstation Player dan beragam artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar