Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Saat Bermain Game

Permasalahan laptop sebenarnya cukup complicated, dimana sebuah kerusakan tidak bisa disama ratakan antara perangkat satu dengan lainnya, karena yang namanya barang elektronik dapat dibilang memiliki ketahanan yang berbeda, antara laptop satu dengan lainnya. Seperti masalah yang satu ini, yakni laptop mati mendadak waktu bermain game, ada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Tapi yang paling umum terjadi selain ketahanan baterai, adalah hardware mengalami overheat, karena sebagai catatan, menurut vmwareinc.com, tidak ada barang elektronik yang dapat bertahan lama bila suhu melebihi batas dari apa yang telah ditentukan, karena biasanya developer laptop bakal memberikan proteksi suhu, yang tidak lain agar dapat melindungi hardware dari kerusakan fatal / permanent.

Apalagi bermain game, tentunya kita sebagai player menginginkan kualitas gambar maksimal dapat berjalan lancar di atas layar, dan itu berarti secara tidak langsung bakal memaksa laptop untuk bekerja keras, bukan hanya kartu grafis / VGA, tetapi RAM dan Prosesor bakal berjalan sangat maksimal waktu anda melakukan setting rata kanan, yang tanpa disadari dapat menjadikan laptop panas dan mati.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Main Game

Bila mengalami hal demikian, anda tidak perlu terlalu panik, karena vmwareinc.com memiliki Cara Mengatasi Laptop Mati Mendadak saat Bermain Game yang paling efektif, dan sudah terbukti ampuh atasi masalah yang paling menyebalkan tersebut, yang sudah kami rangkum dibawah ini.

1.Gunakan Cooling Fan

Seperti apa yang kami katakana di awal tadi, suhu biasanya menjadi biang keladi dari matinya laptop waktu bermain game, karena pada dasarnya saat bermain game, semua komponen bekerja secara full, terlebih lagi yang di mainkan adalah game spek tinggi atau memaksa menggunakan kualitas gambar tinggi pada pengaturan, alhasil komponen pada laptop bekerja sangat keras, sehingga membuat suhu naik drastis.

Untuk itu, selainkan menurunkan settingan game dengan grafis menengah, supaya lebih maksimal lagi, sebaiknya gunakan cooling fan tambahan, yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran, cara mengatasi laptop mati yang pertama ini terbukti cukup efektif untuk menstabilkan / menjaga suhu laptop agar tetap pada level yang semestinya.

2. Cek Kondisi RAM

RAM (Random Access Memory) menjadi salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada laptop. Pasalnya, game sekarang ini kebanyakan mengharuskan sebuah perangkat memiliki kapasitas besar. Jadi caranya, anda bisa dengan menambah kapasitas, misal dari yang tadinya 4GB, di up lagi menjadi 8GB.

Alternatif lainnya, dapat dengan melakukan pengecekan kondisi RAM, yakni dengan membuka panel belakang pada laptop, yang kemudian lepas RAM, lalu selanjutnya bersihkan dengan penghapus, karena pemakian laptop secara terus menerus dapat berakibat pin atau plat kuning pada bagian bawah ram dapat berubah warna, dari kuning menjadi kehitam – hitaman, sehingga wajib hukumnya untuk dibersihkan, agar RAM dapat bekerja normal kembali.

3. VGA Card

Selain RAM, VGA Card juga menjadi salah satu kunci supaya Game berjalan maksimal di atas layar. Sebelum bermain game, cek terlebih dahulu spesifikasi minimal yang dianjurkan pada Game, jangan paksakan laptop untuk memainkan game bila spesifikasi VGA tidak memadai, karena hal itu dapat menyebabkan laptop mati mendadak.

Akan tetapi, jika tetap ingin memainkan game tersebut, anda bisa tambahkan VGA eksternal, tapi syarat dan ketentuan berlaku, dikarenakan tidak semua laptop support dengan part hardware tambahan tersebut.

4. Baterai

Peran baterai tidak bisa di anak tirikan, karena hardware tersebut merupakan sumber daya utama setelah listrik. Didalam penggunaannya, kualitas baterai akan semakin menurun seiring berjalannya pemakaian sebuah laptop. Nah, jika sudah menurun, baterai dapat mengalami yang namanya drop, atau parahnya laptop dapat langsung mati sendiri tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Maka dari itu, lakukanlah Kalibrasi Baterai Laptop secara berkala untuk menjaga kondisi baterai selalu pada kondisi prima, disamping itu, untuk menjaga kondisi baterai, dan menjaga daya tahan baterai, disarankan untuk menurunkan kualitas game yang di mainkan ke level menengah atau paling bawah, dimana hal itu dapat memberikan masa pemakaian lebih lama / awet dalam sekali pengisian.

5. Bersihkan Debu Laptop

Jangan sepelekan kebersihan laptop, penggunaan yang asal – asalan, seperti menggunakan laptop di atas tempat tidur, dimana hal ini bukan hanya menutup sirkulasi udara, debu juga bakal mengumpul didalam, yang pada ahirnya bakal menutup ekhaust system.

Dengan tertutupnya bagian tersebut, otomatis bakal membuat suhu laptop meningkat drastis dalam waktu yang singkat, dan bisa menjadikan laptop mati sendiri karena suhu yang kelewat panas. Untuk mengatasinya, anda dapat secara mandiri membersihkan bagian dalam laptop dari debu, atau bila tidak memiliki nyali dalam urusan membongkar laptop, dapat langsung dibawa ke tempat service.

6. Ganti Pasta Prosesor

Terlepas dari untung – untungan sebuah barang elektronik, secara logis, masa pakai sebuah laptop mempengaruhi ketahanan dari laptop itu sendiri, terlebih jika pemakaian sudah lebih dari 1 tahun, pendingin seperti pasta yang menempel pada prosesor bakal mengering, dan itu mengakibatkan bagian inti ini tidak dapat menyalurkan panas secara maksimal, yang mengakibatkan laptop mati tiba-tiba.

Bila sudah demikian, pasta sebaiknya diganti, dan dalam penggantian serta pemilihan pasta, pastikan pasta memiliki kualitas terbaik agar dapat menjaga suhu dengan maksimal.

7. Motherboard Bermasalah

Sama halnya dengan sebuah HP / smartphone, motherboard pada laptop juga dapat mengalami masalah yang mengakibatkan mati mendadak ketika bekerja atau pada waktu menjalankan game. Berdasar pengalaman, selain apa yang kami sebutkan di atas, laptop mati mendadak saat bermain game juga dapat di akibatkan karena kerusakan mobo.

Motherboard bisa kapan saja mengalami kerusakan, apalagi jika mengalami short circuit, hal itu dapat mengakibatkan mobo tidak dapat bekerja, parahnya lagi bisa mati, dan harus di ganti. Satu-satunya jalan jika terjadi kerusakan bagian ini, selain service, untuk mendapatkan masa pakai lebih lama lagi, ada baiknya lakukanlah pergantian total.

Kesimpulan

Solusi Atasi Laptop Mati Mendadak

Penyebab matinya laptop ketika memainkan game ada cukup banyak, tapi pada dasarnya kebersihan laptop harus menjadi satu perhatian utama, kemudian suhu laptop juga demikian, karena dengan bersihnya laptop, menjadikan sirkulasi udara ataupun ekhaust lancar, dan suhu terjaga pada kondisi yang stabil.

Tapi perlu ditekankan disini, sebaiknya bila anda tidak dapat melakukan bongkar laptop sendiri, sebaiknya serahkan terhadap ahlinya yakni tukang service, guna meminimalisir kerusakan yang lebih. Demikian solusi atau cara mengatasi laptop mati mendadak, semoga dapat membantu anda ketika mengalami hal yang sama, dan simak artikel menarik lainnya seperti Cara Agar baterai Laptop Awet di vmwareinc.com.

Tinggalkan komentar